Sabtu, 10 Maret 2012

Inilah Sepeda Tertua di Dunia

Dalam hal benda tertua, banyak pihak dari seluruh dunia yang mengklaim memilikinya. Untuk sepeda tertua di dunia sendiri, klaim pertama muncul di Gereja di Stoke Poges.

Sepeda ini menampilkan malaikat tanpa buasana yang sedang menggunakan sepeda. Sketsa ini dari 1493 yang diperkirakan milik Gian Giacomo Caprotti atau yang terkenal dengan nama Salaino yang berarti Setan. Pria ini sendirimurid dari Leonardo da Vinci.

Meski banyak pihak yang meragukan keaslian sketsa ini, tak sedikit pengamat yang mengagungkan teori ini. Bagaimanapun, keaslian sketsa sepeda ini masih dipelihara pengikut ahli hahasa dan filogi Profesor Augusto Marinoni.

Ia dipercaya Commissione Vinciana of Rome guna menganalisatranskrip Codex Atlanticus milik Leonardo da Vinci. Pengakuan Baron Karl von Drais asal Jerman juga muncul pada 1817 di mana ia memperkenalkan Laufmaschine atau sepeda berlari.

Kini, masyarakat lebih sering mengenal sepeda dengan nama Draisienne. Sepeda ini hampir sepenuhnya terbuat dari kayu. Sepeda ini memang memiliki setang untuk kemudinamun tak memiliki pedal. Pola pergerakan Draisienne sendiri sama seperti otopet atau skateboard.