Selasa, 27 Agustus 2013

Polisi Menemukan Kaki Ayam 46 Tahun Lalu Dijual di Pasar

Razia yang dilakukan besar-besaran di barat daya China menemukan kecurangan para pedagang. Banyak potongan daging ayam palsu dijual di pasaran. Termasuk produk kaki ayam yang sudah berumur 46 tahun!

Penggrebekan yang sudah dilakukan sejak Mei lalu ini, menemukan satu bukti baru ketidakamanan pangan di China. Polisi di propinsi Guangxi berhasil membongkar jaringan tersembunyi yang telah menyelundupkan leher, jeroan dan kaki ayam dengan kualitas di bawah standar.


Diantara barang bukti yang terkumpul tersebut, terdapat produk kaki ayam yang mempunyai tanggal kadaluarsa tahun 1967. Dimana kaki ayam ini diproduksi saat China masih dipimpin Mao Zedong dan 20 tahun sebelum tragedi Tiananmen Square terjadi.

“Setelah kaki ayam diselundupkan dari Vietnam ke China, penjual tersebut merendamnya dengan bahan kimia seperti hydrogen peroxide untuk membunuh bakteri, memperpanjang umur bahan makanan, dan membuat kaki ayam terlihat putih dan besar,” tutur Li Jianmin kepada Xinhua .

Dilaporkan oleh Telepgraph  para penyeludup tersebut berhasil meraih untung sekitar Rp 25.9 juta per ton dengan mengubah 1 kg produk kadaluarsa menjadi 1,5 kg produk ayam segar.

Sumber
Detik