Selasa, 13 Mei 2014

Piala Dunia 2014 Akan Di Jaga Robocop


Polisi Rio de Janeiro akan mengenakan seragam khusus dengan gaya robot seperti di film Robocop untuk mengantisipasi kerusuhan di Piala Dunia 2014. Pasukan unit khusus ini akan menjadi menjaga ketertiban selama event empat tahunan ini digelar.

Dilansir dari Independete, pasukan Robocop ini akan mengenakan seragam khusus yang memiliki berat 10 kilogram (kg). Tak hanya itu, seragam ini juga tahan api hingga 427 derajat celcius.

Unit Robocop yang juga dipersiapkan untuk Olimpiade 2016 ini disebut The Major Events Police Battalion (BPGE) yang merupakan cabang dari Polisi Militer. Pasukan ini telah dibentuk pada Januari lalu dan akan menjadi garda terdepan untuk mengamankan demonstrasi yang menjurus brutal.



Menurut komandan unit khusus ini, Letnan Kolonel Wagner Villares, seragam Robocop ini juga mampu menangkal serangan rudal mini seperti petasan yang awal tahun ini telah menewaskan seorang juru kamera, Santiago Andrade, dalam sebuah kerusuhan.

"Seragam plastik ini tahan terhadap benturan dan pukulan," kata Wagner kepada situs berita Ultimo Segundo. "Di bawah plastik yang menutupi bagian belakang dan dada, ada lapisan pelindung lain yang mampu menyerap dan menyebar kekuatan dari pukulan," lanjutnya.

Masalah keamanan memang menjadi isu panas selama Brasil mempercantik diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2014. Banyaknya rakyat yang masih hidup di bawah garis kemiskinan menjadi alasan bagi beberapa kalangan untuk menolak penyelenggaraan Piala Dunia 2014.

Rencananya, pemerintah Brasil akan menurunkan sebanyak 150 ribu tentara dan polisi untuk mengamankan Piala Dunia 2014 yang akan mulai digelar pada 12 Juni mendatang. (ita)

Sumber
Viva News